Follow Twitter saya @luthfie_AR

Jumat, 17 Juni 2011

Ayo tingkatkan Keamanan Facebookmu



Aktifkan Fitur Account Security Facebook

Baru nyadar ternyata ada fitur tambahan di Facebook yaitu Account Security berupa Login Notifications. Fitur tambahan dari Facebook untuk memproteksi akun FB kamu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka Facebook akan memberitahu kita lewat sms atau email jika ada aktifitas login dari komputer atau device baru. Hmm bingung yah? gini deh, misalnya kamu ngefesbuk di “warnet si A”, pertama kamu login dulu di akun Facebook kamu, pada menu account, pilih submenu account settings. Nah disitu ada fitur account security, sekarang kamu coba aktifkan dengan meng-klik change. Pilih option on kemudian save. Terus kamu logout akun Facebook kamu dan login kembali, nanti ada pesan yang mana kamu harus mengisi tempat dimana kamu melakukan aktifitas login akun FB kamu, jadi kamu isi dengan “warnet si A”. Pengisian pesan ini akan disimpan berdasarkan IP address internet tempat dimana kamu online. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa masuk lagi di fitur Account Security, dari situ akan tercatat nama device (Device Name) dan waktu saat login (Time Saved).
Fitur Account Security - Login Notifications untuk Facebook
Kemudian keesokan harinya kamu ngefesbuk lagi, tapi kali ini di “kafe si B”, pada saat kamu login dengan tempat yang baru dengan IP yang berbeda tentunya, maka akan ada email atau sms sebagai pemberitahuan bahwa ada aktifitas dari device baru yang login di akun Facebook kamu, jadi kamu isi lagi deh pesannya dengan, misalnya, “kafe si B” untuk menandai device namenya. Begitu seterusnya jika kamu selalu nomaden (berpindah-pindah) ngenetnya :mrgreen: .
Jadi, jika nantinya tiba-tiba ada sms atau email masuk serta nama device atau waktu aktifitas yang tercatat di fitur ini selain yang pernah kamu lakukan, berarti ada orang lain yang pernah masuk di akun Facebook kamu. Duh…
Jadi…aktifkan fitur account security Facebook kamu sekarang. Selamat mencoba aja dah Sob!

Aktifkan Fitur Privacy Setting Facebook

Pesan penting dari Facebook mengenai privacy di Facebook baru saja muncul ketika saya membuka akun Facebook hari ini, soalnya saya paling jarang buka Facebook dan tidak terlalu menggandrungi jaringan sosial satu ini (masuk cuma untuk main game FarmVille :mrgreen: ). Pesan yang intinya kita diminta mengatur/setting kembali halaman privacy kita dengan settingan terbaru.
New Privacy Settings Facebook
Privacy settings Facebook terbaru ini sangat berbeda dengan settingan sebelumnya. Kali ini, pengaturan halaman privacy lebih kompleks dan powerfull. Facebook mempunyai beberapa level dasar untuk halaman privacy yaitu Friends (teman/kawan), Friends of Friends (teman dari teman), Everyone (setiap orang/orang lain). Nah, di halaman pengaturan privacy ini kita diminta mengatur halaman-halaman apa saja yang kita akan privacy-kan, apakah kepada Friends, Friends of Friends, atau Everyone. Semua itu tergantung kamu untuk mengaturnya. Kamu bisa mengatur halaman tersebut dari waktu ke waktu, all depend on you Guys.
Halaman yang kini kamu bisa atur privacy-nya yaitu:
  • About me
  • Family and Relationships
  • Work and Education
  • Posts I Create (Status Updates, Links, Photos, Videos, dan Notes)
  • Photos and Videos of Me
  • Birthday
  • Religious and Political Views
  • Address
  • Alamat email
Penjelasan bagaimana cara mengatur halaman privacy Facebook kamu bisa langsung menuju ke alamat ini – A guide to privacy on Facebookhttp://www.facebook.com/privacy/explanation.php
Di situ tersedia tool Facebook yang bisa kamu gunakan untuk melihat bagaimana tampilan halaman private Facebook info kamu jika dilihat teman atau orang lain.
Facebook tool - How others see you
Dengan pengguna yang sudah melebihi 300 juta user, tentunya Facebook akan selalu mengembangkan segala sesuatunya untuk selalu memperingati usernya terhadap hal yang bisa merugikan user Facebook sendiri. Kewaspadaan terhadap Facebook login phising dan pencurian akun Facebook (hacking account) perlu ditingkatkan oleh user dengan privacy setting terbaru ini.

Sembunyikan Informasi Email Di Facebook

Cara menyembunyikan alamat email di Facebook sudah pernah di paparkan sebelumnya dalam blog Jevuska ini. Karena adanya beberapa perubahan tampilan dan privacy setting di Facebook, tutorial itu sudah tidak update lagi. Berikut tutorial cara melakukan hidden email untuk tampilan Facebook terbaru.
1. Login Facebook terlebih dahulu.
2. Pada bagian kanan atas, pilih tab Account » Privacy Settings
Facebook Account Tab
3. Akan muncul halaman Privacy Settings, kemudian klik Customize settings
Halaman Privacy Settings Facebook
4. Pada bagian Contact information, kustomisasi email dengan mengklik tab di bagian kanan email kamu dengan memilih Custom.
Customize Settings Contact Information Facebook
5. Muncul tampilan Custom Privacy. Kemudian, pada bagian These people, pilih only me dan klik tombol Save Setting. Selesai.
Email Custom Privacy Facebook
Sekarang email kamu di Facebook bisa disembunyikan tanpa seorangpun bisa melihatnya.
Please Note
Dengan metode tertentu sebenarnya cara hidden email Facebook ini belumlah privacy!. Orang lain masih bisa membobol email Facebook yang dihidden tersebut. Cara melihat email Facebook yang disembunyikan sangatlah mudah dilakukan tanpa harus login ke Facebook sama sekali.
Source: http://[w][w][w][.][j][e][v][u][s][k][a][.][c][o][m]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons