Follow Twitter saya @luthfie_AR

Rabu, 11 Mei 2011

Game Bantu Tentara Hadapi Perompak Somalia


 

Game Bantu Tentara Hadapi Perompak Somalia


Jakarta - Game banyak digunakan untuk pelatihan, simulasi dan hal-hal 'berat' lainnya. Kali ini, game dipakai untuk membantu tentara menghadapi perompak Somalia.

Hal itu dilakukan angkatan laut Amerika Serikat (US Navy) menggunakan sebuah platform game massal. Platform itu dinamai MMOWGLI (Massive Multiplayer Online WarGame Leveraging the Internet).

Seperti dikutip  dari FastCompany, Rabu (11/5/2011), game itu akan mempertemukan pemain dari pihak militer dan sipil. Jumlah pemain yang ditampung bisa mencapai 1.000-an orang.

Hasil riset beberapa tahun itu akan mulai digunakan pada 16 Mei 2011. Diharapkan upaya ini akan membantu US Navy mendapatkan masukan cara-cara efektif menangani perompak Somalia yang makin menggila.

Meski MMOWGLI yang akan keluar Mei 2011 ini berfokus pada perompak Somalia, platform yang sama dirancang untuk diadaptasikan pada situasi lain.

"Kami berharap MMOWGLI akan membantu kami memahami apa yang terjadi ketika pengetahuan Anda digabungkan dengan observasi dan tindakan dari pemain lain -- akankah gabungannya sebuah ide yang bisa mengubah situasi atau solusi, atau akankah platform ini mengajarkan kita sesuatu soal proses berpikir," ujar Larry Schutte, direktur inovasi di Office of Naval Research.

Jalannya Permainan

Pemain MMOWGLI akan menjadi bagian dari gugus tugas anti perompak. Di tahap awal, pemain harus mengawal kapal-kapal yang melalui perairan tempat para perompak biasa beraksi.

Pertama-tama pemain harus menangani logistik persenjataan pada kapal, rencana menghadapi serangan perompak hingga tantangan seperti yurisdiksi keuangan dan kesulitan lainnya.

Kemudian, serangan perompak akan dimulai dan pemain akan melihat apakah rencana mereka sukses atau tidak dan bagaimana tindakan mereka selanjutnya.

Pemain juga akan bekerjasama dalam misi seperti penyelamatan sandera, serbuan ke sarang perompak hingga memberikan bantuan kemanusiaan pada Somalia.

Di bagian akhir dari permainan, pemain harus bisa mengatur secara rinci bagaimana skenario penyelamatan sandera serta serangan perompak.

Selain itu, pemain juga bisa bermain dari sisi perompak. Meskipun demikian, permainan akan selalu diawasi oleh 'game master' yang memastikan skenario tertentu tetap berjalan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons