Follow Twitter saya @luthfie_AR

Minggu, 31 Juli 2011

Makanan Manis Apa yang Sehat untuk Buka Puasa?

img
(Foto: thinkstock)

Makanan Manis Apa yang Sehat untuk Buka Puasa?



Jakarta, Bagi umat Muslim, disunahkan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis. Tapi makanan atau minuman manis seperti apa yang sehat dan baik untuk tubuh?

Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua makanan atau minuman manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi.

"Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan," jelas Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Rabu (25/8/2010).

Menurut Dr Ari, banyak orang keliru menginterpretasikan maksud dari 'berbuka dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi.

"Berbuka dengan yang manis tapi jangan berlebihan, apalagi kalau manisnya berasal dari gula," tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Dr Ari menjelaskan bahwa produk gula merupakan jenis karbohidrat sederhana, artinya sangat mudah dipecah dan dicerna menjadi gula darah. Hasilnya, bila gula dikonsumsi secara berlebih, maka gula darah akan melonjak dalam tubuh dan membuat orang mudah mengantuk, lemas dan menimbun lemak.

Sedangkan kurma merupakan jenis karbohidrat kompleks, sama halnya dengan nasi merah, jagung dan gandum. Karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna menjadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh.

Untuk itu, Dr Ari menyarankan agar tidak mengonsumi makanan atau minuman manis yang berasal dari gula secara berlebihan, baik pada saat buka puasa atau pun sahur. Hal ini karena makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa lapar lebih cepat pula.

Selain itu, insulin berfungsi untuk memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Bila insulin dilepaskan dengan sangat cepat, maka orang merasa cepat berenergi tetapi sekaligus cepat menghabiskan cadangan energi.

Tak Ingin Lemas Saat Puasa? Jaga Pola Tidur

img
(Foto: thinkstock)

Tak Ingin Lemas Saat Puasa? Jaga Pola Tidur



Jakarta, Meski tidak makan seharian, puasa tidak boleh jadi alasan untuk lemas dan tidak bergairah saat bekerja. Pada sebagian orang, rasa letih dan mengantuk saat puasa muncul bukan karena tidak makan melainkan hanya karena tidak cukup tidur.

Bukan hanya waktu puasa, produktivitas yang menurun di tempat kerja hampir selalu bisa dihubungkan dengan pola tidur yang tidak teratur. Bedanya, pada hari-hari biasa rasa letih dan mengantuk bisa diatasi dengan minum kopi atau teh, maupun makan camilan.

Lain halnya ketika sedang berpuasa, seseorang tidak bisa minum kopi atau teh di siang hari sehingga rasa letih akan lebih terasa dibanding hari-hari biasa. Akibatnya banyak yang mengantuk di tempat kerja, meski kebanyakan mengira itu adalah efek dari seharian tidak makan.

"Dalam banyak kasus, orang mengantuk saat puasa bukan karena tidak makan tetapi karena kurang tidur saja. Sebenarnya asal cukup tidur dan polanya teratur, puasa tidak perlu jadi alasan untuk mengantuk," ungkap pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT saat dihubungi detikHealth, Minggu (31/7/2011).

Pendapat dr Ade, demikian ia biasa disapa, banyak benarnya terutama bagi yang kerjanya lebih banyak duduk di kantor dan hanya mengetik sepanjang hari. Meski berpikir juga butuh energi, namun kalori yang dibutuhkan tentu tidak sebanyak pekerjaan yang cenderung mengandalkan kekuatan fisik.

Karena itu dokter yang hobi memasak ini menyarankan, jika tidak ingin merasa lemas saat berpuasa maka usahakan agar tidur malamnya mencukupi baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Jika harus bangun pagi untuk penyiapkan makan sahur, malam harinya tidak boleh bergadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Kalaupun tidur malamnya tidak mencukupi, siang harinya bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan power-nap, yakni tidur siang yang singkat tapi berkualitas. Sehabis salat siang misalnya, power-nap selama 20-30 menit sudah cukup untuk memulihkan energi.

"Power-nap tidak perlu lama-lama, yang penting cukup untuk me-recharge energi. Kalau terlalu lama malah tidak bagus, nanti bablas (tidak bangun-bangun) terus nggak jadi kerja. Tidur siang kalau terlalu lama kadang juga malah bisa pusing," tambah dr Ade.

Terkait kebijakan untuk mengubah jam kerja seperti yang dilakukan banyak instansi pemerintahan maupun swasta, dr Ade menganggap hal itu tidak terlalu penting jika alasannya hanya supaya tidak letih. Seperti yang berulang kali ia tekankan, puasa tidak boleh jadi alasan untuk mengantuk.

Namun untuk keperluan yang lain misalnya agar punya lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan rohani atau berkumpul dengan keluarga, tentunya perubahan jam kerja masih bisa diterima. Yang penting menurut dr Ade, jadwal aktivitas dan pola tidur harus disesuaikan agar masing-masing bisa teratur dan tidak terlalu sering berubah-ubah.

"Baik puasa atau tidak, kurang tidur pasti mempengaruhi produktivitas kerja. Perlu diingat juga, hingga saat ini tidak ada satupun zat yag bisa menggantikan efek tidur. Kafein dan semacamnya hanya bisa menunda, pada saatnya rasa kantuk itu akan datang juga kalau tidurnya memang tidak cukup," tegas dr Ade.

Sabtu, 16 Juli 2011

Piaggio Sukses Jual 1.300 Unit di PRJ

Piaggio Sukses  Jual 1.300 Unit di PRJ
 

SENTUL CITY,  Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung sebulan dan berakhir pekan lalu, Minggu (10/7/2011), memberi keuntungan besar bagi PT Piaggio Indonesia (PI). Bayangkan, dari pesta rakyat Jakarta itu, mereka berhasil menjual 1.300 unit dari tiga modelnya, yaitu Vespa (LX 125 dan LX 150ie), Liberty 150 ie, dan Zip 100.
"Dari jumlah tersebut, Vespa paling banyak peminat. Hampir 60 persen dan konsumennya masih berdomisili dari Jakarta," ungkap Manajer Pemasaran PI Sony Budiwasono di sela-sela acara test ride di Sentul City, Cibinong, Jawa Barat, hari ini (14/7/2011).
Adapun model yang dipasarkan Piaggio adalah Zip 100 yang dibanderol Rp 12,5 juta, Zip 100 Graphics (Rp 13,4 juta), Liberty 150 injeksi (Rp 22,5 juta), Vespa LX 125 karburator (Rp 22,9 juta), dan LX 150 injeksi (Rp 24,9 juta). Semua harga sepeda motor yang didatangkan utuh dari Vietnam itu adalah harga on the road di Jakarta.
Meski minat konsumen terhadap produk Piaggio cukup besar, Sony belum mematok target penjualan sampai akhir 2011. "Konsentrasi kami untuk tahun ini masih fokus pada ketiga model ini (Zip, Vespa, dan Liberty). Baru tahun depan kami meluncurkan produk baru, minimal satu model," sebutnya.
Soal suku cadang, menurut Rakhmat Cahyo Pratomo, Service Manager PI, pihaknya sudah memasukkan sekitar 1.000 item. "Sekarang ini sudah ada di pelabuhan Tanjung Priok dan umumnya suku cadang itu dari golongan fast moving," papar Tommy, sapaan akrab Rakhmat.

Rabu, 13 Juli 2011

BMW "Bangkit Kembali di Motor "

BMW "Bangkit Kembali di Motor "

THECOOLIST.COM

JERMAN,  — BMW yang terlupakan dibangkitkan kembali dari "kuburnya" di sebuah peti penyimpanan. Mengapa? Motor ini tidak sempat diproduksi massal, bahkan tertunda untuk hadir dalam sebuah pameran. Padahal, motor tersebut mencerminkan sejauh mana BMW pernah membuat sepeda motor, yang boleh dibilang terbaik bahkan mendahului zamannya.
Motor itu adalah prototipe BMW R7. Ceritanya diawali dari seorang jurnalis asing yang pada suatu kali mengaku melihat sebuah BMW R7 prototipe tersebut saat berjalan-jalan di sebuah gunung. Dengan berbagai dorongan, MW Mobile Tradition (sekarang bernama BMW Classic), sebuah divisi khusus BMW, mengiyakan restorasi tersebut.
Perakitan ulang kendaraan rancangan Alfred Bouning tahun 1937 ini pun mengungkap keunikan-keunikannya. Salah satunya, BMW R7 tercatat sebagai motor pertama yang menggunakan suspensi teleskopik. Memang, The Scott Motorcycle sudah menggunakan perangkat itu pada 1908. Namun, suspensi tersebut dinilai tidak berfungsi semestinya, jauh dari apa yang ada pada R7 ini.
Keunikan lainnya, desain "cangkang" yang terpasang dari area setang dan berakhir di poros roda belakang. Di dalamnya tersimpan mesin dan sistem kelistrikan.
Yang tak kalah unik, lampu rem yang bahkan ditambahi tulisan stop untuk mempertegas bahwa motor ini berhenti. Sementara itu, sistem perpindahan giginya diadposi dari gaya berpindah gigi mobil cog swapping, tetapi dengan kopling tangan.
Mesinnya pun berkapasitas besar pada eranya, yaitu 800 cc. Kala itu, BMW sudah membuat R32 dengan mesin 486 cc. Dengan bentuk bodi yang aerodinamik dan pijakan kaki panjang, R7 memang dirancang untuk kecepatan tinggi sekaligus sebagai kendaraan yang elegan.
Sejumlah hal di atas ditambah teknologi baru lainnya membuat ongkos produksi R7 membengkak. Tak kalah apes, perang berkecamuk dan orientasi pembuatan motor pun dialihkan, salah satunya ke kendaraan perang. Oleh karenanya, BMW urung diri menghadirkan motor tersebut. Namun setelah restorasi berhasil, kini kita bisa melihat wujudnya sekaligus menilai-nilai, seideal apakah "motor hebat" bagi seorang Alfred Bouning dan BMW pada masa itu. (Dimas)

Selasa, 12 Juli 2011

Virus Android Sabotase SMS


Ilustrasi (Ist.)

Virus Android Sabotase SMS

Jakarta - Sebuah program jahat baru yang menyasar Android kembali ditemukan. Trojan ini mensabotase fitur SMS di ponsel yang diinfeksinya dan ujung-ujungnya bakal membuat kantong si pemilik ponsel jebol.

Dikenal dengan nama HippoSMS, virus ini menyusupi fitur pesan singkat perangkat Android untuk kemudian mengambil alih dan mendaftarkan diri ke layanan SMS premium.

Yang namanya SMS premium, tentu ada biaya di atas rata-rata yang harus ditanggung si pemilik ponsel. Namun jahatnya lagi, aksi merugikan HippoSMS tak lantas berhenti di situ.

Keusilannya lalu dilanjutkan dengan memonitor SMS yang masuk dan menghapus pesan yang berasal dari operator telekomunikasi. Seperti diketahui, biasanya user akan mendapat pesan notifikasi jika telah mendaftar suatu layanan, begitu juga dengan jumlah tagihan.

Namun jika si pemilik ponsel tak bisa menerima pesan dari operator lantaran dihadang virus ini, maka tinggal menunggu waktu saja sampai mereka mengetahui bahwa tagihannya sudah membengkak lantaran terus didaftarkan ke layanan premium.

Peneliti dari North Carolina State University menemukan HippoSMS pada 10 Juli kemarin. Diperkirakan, peredaran program ini berada di pasar Android China.

"Investigasi kami menunjukkan bahwa HippoSMS langsung menyasar aplikasi host sehingga ketika aplikasi ini dijalankan maka akan segera mengaktifkan diri untuk mengirimkan pesan SMS ke nomor premium," ujar Xuxian Jiang, asisten profesor dari departemen computer science North Carolina State University, dikutip detikINET dari eWeek, Selasa (12//7/2011).

Menurut pemantauan terakhir, aktivitas HippoSMS masih cuma terdeteksi di China. Namun bukan berarti pengguna Androiddi negara lain, termasuk Indonesia, tak lantas waspada.

Denis Maslennikov, senior malware analyst dari Kaspersky Lab menyatakan, model serangan mobile malware seperti ini -- yang mensabotase SMS untuk terhubung dengan layanan premium -- marak didapati di Rusia, Ukraina, dan termasuk China.

Website Kemenbudpar Disusupi Hacker


Situs Kemenbudpar disusupi hacker

Website Kemenbudpar Disusupi Hacker



Jakarta - Situs Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) yang beralamat di www.budpar.go.id disusupi hacker. Ketika disambangi, tampak ada keanehan dalam welcome page di website tersebut.

Link paling atas menampilkan tulisan 'This Website Has Been Hacked by m0rn!ngw00d'. Dan ketika diklik, tampaklah pesan bahwa situs ini telah digerayangi hacker.

Hacker penyerang mengaku berasal dari Malaysia. Ini mereka tulis dalam pesan tersebut yang menyatakan agar pengelola situs lebih memperhatikan soal sekuriti.

Terdapat pula gambar bendera Malaysia dalam halaman yang disusupi. Tidak jelas apakah si hacker benar-benar berasal dari negara tetangga itu atau tidak. Sampai saat ini, ulah sang hacker masih dapat disaksikan di website tersebut.

Senin, 11 Juli 2011

Smart TV Berkemampuan "Web" Diproduksi hingga 2015

 Smart TV Berkemampuan "Web" Diproduksi hingga 2015

LG
Smart TV yang memiliki konektivitas dengan internet akan menjadi tren
Smart TV yang memiliki konektivitas internet dan memiliki kemampuan web bakal menjadi tren. Hingga tahun 2015, produsen televisi diperkirakan memproduksi 500 juta TV cerdas (smart TV).
Menurut laporan riset perusahaan DisplaySearch, pada tahun 2011 saja, sekitar 25 persen dari semua TV layar datar memiliki kapabilitas ini. Sampai tahun 2015, tren ini diharapkan tumbuh 47 persen.
Pangsa pasar televisi dengan kemampuan web dan terkoneksi jaringan nirkabel melalui WiFi terus didorong. TV cerdas yang bakal menjadi tren pada tahun-tahun mendatang ini mampu mengambil konten dari portal independen internet, sistem pencarian cerdas built-in, dan terhubung dengan perangkat lain dalam jaringan rumah.
Perusahaan DisplaySearch ini juga meramalkan penetrasi pasar TV cerdas hingga 35 persen di Amerika untuk model 46 inci dan lebih besar dalam empat tahun mendatang.
Smart TV adalah istilah pemasaran yang selama ini digunakan oleh LG, Samsung, Philips untuk menggambarkan TV cerdas mereka, sementara Sony menggunakan istilah internet TV untuk spesifikasi yang sama. (CNet/KSP)

Jumat, 01 Juli 2011

Datsun "Lowrider"

Datsun "Lowrider"

minitruckin.automotive
IWATE,  — Sekian belas atau puluh tahun yang lalu, Datsun 620 produksi 1979 ini biasanya mudah ditemui di Tanah Air sedang nongkrong menunggu angkutan pasir atau bata di toko bangunan. Belakangan, masih ada yang menggunakannya untuk urusan serupa. Namun, di Jepang, pikap yang dikategorikan minitruck ini terbawa dalam arus tren kebangkitan mobil lawas dan tak lagi jadi mobil niaga.
Hayato, sang pemilik, mengaku sudah suka pikap sejak lama. Ia pun membongkar pasang pikap ini beberapa tahun belakangan.
Yang menarik, agak susah sebenarnya melihat kekurangan dari badan Datsun milik desainer kaos ini. Walau sederhana, pengerjaan bodi boleh dinilai cukup dan tidak berlebihan serta terkomposisi dengan apik.
Warnanya tak kalah menarik. Itu bukan hitam, melainkan hijau tua. Oleh karenanya, kesan elegan bisa dilihat sekilas, tetapi sebenarnya juga berwarna.
Badannya yang berkelir gelap diperkontras dengan penambahan panel-panel krom, mulai dari bemper depan-belakang hingga kisi-kisi hidung mobil plus batok lampu.
Membuat badannya mendekati tanah adalah pekerjaan menantang bagi si pemilik yang berdomisili di Morioka, Iwate, Jepang, ini. Dengan mengandalkan suspensi udara dari Firestone, ia melibatkan rumah modifikasi T-Craft untuk pengerjaan keseluruhan sasis, termasuk kaki-kaki. Poin-poin modifikasi di bagian ini mencakup per, kantong udara untuk suspensi, galon aluminium, dan kompresor. Total, badan pikap yang dinamai Smooth 620 ini pun turun 6,4 sentimeter dibanding aslinya.
Demi kesan "lowrider", bangku kokpit pun dibuat ulang sehingga penumpang terkesan tenggelam. Hayato juga melekatkan bahan kulit di sekujur interior dan menancapkan perangkat audio dari paduan produk Alpine, Rockford Fosgate, dan Boyds.
Badan yang merebah lantas dikomposisikan dengan pemasangan velg krom model palang enam ukuran 17 x 8 inci dari Eagle dan ban ukuran 235/40R17. Ini menarik bagi mereka yang suka restorasi. Bahannya banyak di Tanah Air. Andai Anda punya dan ingin mengubahnya jadi demikian, si Datsun pun dipastikan akan "cuti" dari rutinitas gotong pasir. (Dimas)

Google Plus, Bakal Jadi "Facebook Killer"

Google Plus, Bakal Jadi "Facebook Killer"

GOOGLE
MOUNTAIN VIEW, - Google baru saja meluncurkan Google+ (Google Plus), Rabu (29/6/2011) yang merupakan layanan jejaring sosial baru. Layanan tersebut ditengarai bakal menjadi pesaing kuat bagi Facebook.
Jejaring sosial milik Google ini membuka ruang bagi para penggunanya untuk membagi foto, pesan, dan komentar seperti layaknya di Facebook. Google juga menambahkan layanan peta dan images dalam Google+ ini.
Google pun mengklaim, jejaring sosialnya ini akan memudahkan orang untuk mengatur kontak tanpa membuat grup. Namun, beberapa analis teknologi informasi berpendapat, Google+ hanya mereproduksi fitur dari Facebook, dengan hanya menambahkan fungsi video chat.
Sebelumnya, Google juga telah melempar produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz yang ternyata tak laku di pasaran. Namun, dengan produk anyarnya ini, Google tak mau gagal lagi. Manajemen menawarkan sedikitnya empat fitur yang menjadi andalan mereka :
1. Circles. Fungsi ini bisa digunakan untuk memasukkan nama-nama teman ke dalam grup dan pengguna bisa berbagi konten dengan format berbeda di dalam lingkaran pertemanan ini.
2. Hangouts. Ini adalah layanan conference lebih dari dua orang dengan video call.
3. Huddle. Layanan ini menyediakan grup-grup di jejaring ini untuk mengirim pesan instan.
4. Sparks. Fitur ini menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.
Saat ini versi Google+ baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berjanji secepatnya jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya.
"Jejaring sosial seperti ini memerlukan pemikiran yang serius. Jadi kami masih butuh waktu untuk mempersiapkannya," ujar Vic Gundorta Senior Vice President of Engineering Google dalam rilisnya.(Kontan/Rizki Caturini)

Kereta Tercepat China

Kereta Tercepat Ada di China


AP Photo/Alexander F Yuan
Kereta cepat CRH meninggalkan Stasiun Beijing Selatan menuju Shanghai dalam uji coba rel kereta cepat Beijing-Shanghai di Beijing, China, Senin (27/6). Produsen kereta peluru China menggelar uji coba proyek prestisius jalur Beijing-Shanghai di tengah kontroversi besarnya biaya untuk membangun sistem kereta cepat ini.
Di China ada pepatah, jika ingin makmur, bangunlah jalan terlebih dahulu. Benar, China tidak putus-putusnya membangun infrastruktur seperti jalan bebas hambatan dan rel kereta api.
Pemerintah China sudah memastikan akhir bulan ini, China akan merayakan pencapaian barunya. Predikat terbesar, tercepat, dan ”ter” lainnya di China akan bertambah. Sekarang ini, kereta tercepat di muka bumi berada di China. Tidak hanya itu, jalur kereta cepat terpanjang juga ada di China.
Peresmian ini akan bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Partai Komunis China.
Kereta dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam itu akan melayani jalur Beijing-Shanghai sepanjang 1.318 kilometer atau hampir sama dengan jarak dari Jakarta ke Yogyakarta pergi-pulang.
Dengan kereta tercepat itu, Beijing-Shanghai akan ditempuh dalam lima jam, lebih cepat dari 11 jam dengan layanan kereta yang berlaku sekarang.
Jalur Beijing-Shanghai melewati tujuh provinsi dan sejumlah kota besar, yaitu Tianjin, Hebei, Shandong, Anhui, dan Jiangsu. Rute ini juga menghubungkan dua zona ekonomi utama, yaitu Bohai dan Delta Sungai Yangtze.
Jalur ini jelas akan membawa manfaat ekonomi yang sangat besar karena menghubungkan daerah-daerah strategis.
Harga tiket yang ditawarkan bervariasi, antara 410 yuan dan 1.740 yuan, atau antara Rp 543.000 dan Rp 2,3 juta.
Melihat pencapaian China, banyak juga yang berkomentar miring dan skeptis. Ada yang mencurigai kapasitas inovasi China. Yang lain mengkritik China hanya menjiplak teknologi gabungan Jepang, Jerman, dan Perancis untuk urusan kereta cepat ini.
Pemerintah melawan kecurigaan ini dengan menyatakan bahwa kereta tercepat yang sudah ada di dunia hanya memiliki kecepatan 320 kilometer per jam, tetapi buatan China ini mampu menambah kecepatan hingga 350 kilometer per jam.
Kereta cepat Perancis, TGV, berhasil mencapai rekor pada tahun 2007 ketika berhasil melaju secepat 571,2 kilometer per jam ketika dilakukan uji coba. Akan tetapi, kecepatan ini hanya berlangsung beberapa saat. Kecepatan normal TGV adalah 320 kilometer per jam.
Demi keselamatan, kereta cepat China hanya akan melaju rata-rata 300 kilometer per jam walau dirancang untuk berlari sejauh 350 kilometer per jam.
Di beberapa ruas, jalur kereta cepat ini dipasangi pagar setinggi 2,85 meter untuk menghindari hewan atau manusia. Selain itu, di setiap 1 kilometer akan ditempatkan para penjaga.
Kebanggaan negara
Pencapaian baru ini tentu akan membuat China semakin percaya diri. ”Ini adalah kebanggaan China dan warga China,” kata Ketua Insinyur Kementerian Perkeretaapian He Huawu, Senin (27/6), dalam perjalanan percobaan kereta cepat itu dari Beijing ke Shanghai.
Dibutuhkan hanya 39 bulan untuk membangun jaringan kereta yang prestisius itu dan dipersembahkan sebagai hadiah bagi 90 tahun Partai Komunis China.
Biaya pembangunan jaringan kereta ini 32,5 miliar dollar AS. Ini dianggap pemborosan sehubungan dengan masih ada ratusan juta warga hidup sengsara. Juga ada kritik soal praktik korupsi, yang membuat kecepatan kereta tak bisa diaplikasikan pada level 350 kilometer per jam karena aspek keselamatan.
Namun, ini adalah prestasi dan prestise China. Cat biru dan putih di badan pesawat itu menunjukkan harmoni, meniru slogan Presiden Hu Jintao, yang bermimpi China sebagai negara harmonis.
Lepas dari itu, ini tidak lagi sekadar slogan. Ini adalah mahakarya yang mengharumkan bangsa. Warga dunia, termasuk tentu warga RI, apalagi warga Jakarta, wajib iri. (AFP/AP/REUTERS/JOE)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons